Tips Cara Agar Blog Bisa Seo Dengan Mudah


Semakin banyak persaingan yang dilakukan oleh para blogger. Mereka bekerja dibalik layar sambil mengoptimasi blognya sendiri. Blogger profesional akan terus naik dan menggeser turun peringkat blog yang masih baru. Tentu bagi blogger pemula itu akan menjadi masalah dalam keberadaan blognya di mesin pencari.

Bagi blogger pemula sangat sulit menampilkan keberadaan blognya di halaman teratas dalam pencarian google, karena secara seo mereka tidak terlalu mengetahuinya sehingga mudah digeser oleh situs-situs besar yang memiliki banyak pengetahuan tentang seo.

Kalau sudah seperti itu, yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mempelajarinya. Apa yang harus kita pelajari? Kita harus mempelajari seperti yang dilakukan situs-situs besar yang sudah berhasil tampil di halaman pertama dalam pencarian google, atau lebih tepatnya seo.

Sayangnya untuk mempelajari seo tidak semudah yang kita bayangkan. Kita juga tidak hanya melakukan dua atau tiga langkah saja, tapi lebih dari itu. Lalu bagaimana dengan seorang pemula yang tidak memiliki pengetahuan tentang seo? Tenang, setidaknya kamu bisa melakukan optimasi halaman blog kamu sendiri agar bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di pencarian google.

Mau tahu seperti apa? Oke, cara agar blog seo dengan mudah, kita akan membahasnya sesuai urutan nomor berikut ini.

1. Judul
Pada umumnya orang mencari artikel di mesin pencari dengan mengetikan judul. Kalau judul postingan kita sesuai, maka postingan kita memiliki peluang untuk tampil di halaman pertama pencarian. Tapi semua judul yang kita inginkan sudah dipakai oleh situs-situs besar. Wajar saja kalau merekalah yang berada diurutan paling atas.

Namun untuk menaikan sedikit urutan halaman kamu di mesin pencari, kamu harus membuat judul yang berbeda tapi sama. Apa judul yang berbeda tapi sama? Misalnya situs lain telah menggunakan kata kunci "Cara Mandi Dengan Benar", maka kamu buat judul berbeda seperti "Cara Paling Mudah Mandi Dengan Benar".

Disinilah ketika kata kunci kamu terkait dengan kata kunci yang sudah dipakai oleh situs besar, maka halaman kamu bisa memiliki banyak penaikan. Dikarenakan mesin pencari akan menampilkan semua kata kunci yang terkait.

Disini kita hanya memperbaiki ranking halaman menggunakan kata kunci saja, jadi kita sedang tidak membahas tentang tool untuk seo.

2. Artikel
Artikel yang memiliki banyak kata akan mudah tampil di mesin pencari, tapi pembahasan artikel harus sejalan dengan topik yang dibahas. Artikel yang memiliki jumlah kata sampai 1000 akan lebih disukai oleh google, karena google sendiri menyukai sebuah konten yang membahas sesuatu sampai detail.

Jangan kamu tulis artikel yang tidak sejalan dengan topik. Misalnya judul postingan kamu "Cara Internetan" tapi kamu membahasnya dengan pengalaman jalan-jalan, tentunya tidak boleh.

Tulis juga kata kunci atau judul postingan ke dalam artikel, itu akan membantu artikel kamu menjadi sedikit naik.

3. Deskripsi Penelusuran
Buat deskripsi penelusuran yang lumayan panjang. Seperti cara nomor 2, kamu bisa menulis judul postingan ke dalam deskripsi penelusuran untuk memperkuat pencari dengan kata kunci yang kamu miliki.

4. Cari Pengunjung
Agar halaman blog kamu bisa sedikit lebih naik, kamu harus mencari pengunjung. Pengunjung yang banyak pada suatu halaman bisa menaikan ranking halaman tersebut di pencarian.

Kalau postingan blog kamu masih sepi pengunjung maka kamu bisa membagikannya ke sosial media agar mereka mengunjungi postingan yang kamu bagikan. Walau pengunjung yang kamu dapat itu bukan dari pengunjung organik, tapi kalau semakin banyak pengunjung yang mengunjungi postingan kamu maka postingan kamu bisa naik diurutan yang lebih baik.

5. Template
Banyak template ringan dan seo friendly yang bisa kamu gunakan. Dalam template ini juga bisa berpengaruh dengan hal tersebut. Jangan terlalu banyak memberi desain pada template karena itu akan menghilangkan seo dari template tersebut.

Template blog kamu bisa kamu atur sebaik mungkin, cek juga kecepatannya. Jangan sampai template blog kamu memiliki loading yang lama.

Cara kali ini benar-benar bisa membantu postingan blog kamu yang berada diurutan jauh di pencarian. Sebagai cadangan dari seo yang nyata, maka cara ini bisa kamu lakukan. Jadi sekarang tidak perlu khawatir blog kamu berada diurutan yang jauh, karena artikel ini juga merupakan bagian dari dasar seo.
LihatTutupKomentar