Cara Mudah Submit Sitemap Atau Peta Situs Blog Ke Bing


Banyak search engine atau mesin pencari yang tersedia seperti google, bing, yahoo dan lain-lain. Mesin pencari digunakan untuk mencari artikel-artikel yang kita inginkan. Berkat mesin pencarilah situs atau blog kita bisa ditemukan.

Agar blog kamu mudah ditemukan di setiap mesin pencari, maka kamu harus melakukan submit sitemap blog. Tujuannya agar mesin pencari bisa menemukan artikel blog kamu yang sudah berkumpul dalam peta situs.

Peta situs berisi kumpulan link artikel yang sudah kamu posting di blog. Kalau kamu tidak melakukan submit sitemap di mesin pencari, maka artikel atau blog kamu akan sulit terindex.

Rata-rata dari kebanyakan orang menyukai mesin pencari google. Kalau kamu ingin artikel blog kamu terindex di google maka kamu harus submit sitemap blog ke google, sebaliknya.

Bing pun masih aktif sebagai mesin pencari, walau jarang orang yang mengetahuinya. Submit sitemap ke bing tentu membantu menaikan trafik blog.

Berikut ini adalah langkah-langkah submit sitemap ke mesin pencari bing. Bagi kamu yang ingin melakukannya, simak langlah-langkahnya.

1. Kunjungi link https://www.bing.com/toolbox/webmaster. Kemudian masuklah ke bing dengan menggunakan akun yang bisa kamu pilih. Kalau kamu memiliki akun google, gunakan untuk login di bing. Saya pun menggunakan akun google saat login ke bing.

2. Kalau sudah masuk ke bing, sekarang kamu tambahkan url situs dan sitemap kamu, kemudian tekan add.


3. Selanjutnya kamu akan diminta verifikasi situs yang sudah kamu tambahkan. Ada 3 macam jenis verifikasi yang bisa kamu pilih, diantaranya yaitu verifikasi menggunakan file, verifikasi menggunakan tag meta, verifikasi menggunakan CNAME.


Untuk mempermudah verifikasi, sebaiknya kamu pilih verifikasi menggunakan tag meta saja. Copy tag meta yang tersedia dan masukan ke dalam html template kamu. Pastikan kamu menempatkan tag meta tersebut di bawah <head>, contohnya berikut
<head>
...Letakan kode tag meta verifikasi disini...
</head>
4. Kalau kamu sudah memasukan kode tag meta verifikasi, selanjutnya kamu kembali ke bing dan tekan tombol VERIFY sesuai dengan cara verifikasi yang kamu pilih di bing.

5. Kalau verifikasi berhasil, maka kamu langsung akan diarahkan ke halaman dashboard bing webmaster seperti berikut


Sampai disini langkah submit sitemap blog kamu ke bing webmaster sudah selesai. Sekarang kamu tinggal mengoperasikannya saja, kalau kamu bisa menggunakan search console atau google webmaster, pastinya kamu juga akan bisa menggunakan bing webmaster.

Itu saja yang kita bahas dalam postingan kali ini. Sekarang blog kamu sudah bisa terindex dengan baik di bing webmaster. Semoga bisa membantu.
LihatTutupKomentar