Cara Belajar Kunci Gitar Bass Untuk Pemula Beserta Gambarnya Lengkap

 

Apakah kamu tahu gitar bass adalah gitar yang paling mudah dimainkan. Kunci pada gitar bass lebih sederhana dibandingkan dengan kunci gitar yang biasa kita mainkan, karena gitar bass merupakan gitar yang mengiringi musik dengan suara yang mendengung. Tanpa suara gitar bass, musik akan jadi kurang enak di dengar.

Kebanyakan dari seseorang belajar gitar dengan menggunakan gitar yang biasa dimainkan. Tapi banyak juga orang-orang yang belum mengerti tentang kunci gitar bass.

Maka dari itu, disinilah kita akan belajar kunci gitar bass dasar bersama-sama.

Pada dasarnya kunci gitar bass dimainkan hanya menggunkan satu jari saja. Tidak seperti gitar melodi yang cara memainkannya harus dengan menggunakan 3 bahkan sampai 4 jari.

Seperti apa kunci gitar bass? Apakah mudah untuk dipelajari? Dibawah merupakan langkah-langkah belajar kunci gitar bass beserta gambarnya.




1. Kunci Gitar Bass A
Untuk memainkan nada kunci gitar bass A, kamu hanya menekan satu senar saja. Senar yang harus kamu tekan berada dalam fret ke 5. Lihat contohnya dibawah ini


Untuk lebih mudah memainkan kunci gitar bass A, maka kamu juga bisa memainkannya tanpa menekan senar dengan jari.

Petiklah senar nomor 3 tanpa jari kamu menekan senar, maka suara yang dihasilkan sama seperti kamu menekan senar yang berada di fret ke 5.

2. Kunci Gitar Bass B
Masih menggunakan satu jari, kamu bisa memainkan nada kunci gitar bass b dengan cara menekan senar nomor 3 yang berada di fret ke 2. Lihat contohnya


Selain dengan cara diatas, kamu juga bisa menekan senar nomor 4 yang berada di fret ke 7.

3. Kunci gitar Bass C
Kunci gitar bass c bisa kamu mainkan dengan menekan senar nomor 3 yang beradafi fret ke 3. Contohnya berikut ini


4. Kunci Gitar Bass D
Kunci gitar bass d bisa kamu mainkan dengan menekan senar nomor 3 yang berada di fret 5.


Seperti halnya kunci gitat bass a, kamu juga bisa memainkan kunci gitar bass d dengan cara memetik senar nomor 2 tanpa menekan senar.




5. Kunci Gitar Bass E
Kunci gitar bass e bisa kamu mainkan dengan cara menekan senar nomor 3 yang berada di fret ke 7.


Masih sama seperti kunci gitar bass a dan d, selain cara diatas kamu juga bisa memainkan kunci gitar e dengan cara memetik senar nomor 4 tanpa menekan senar gitar bass.

6. Kunci Gitar Bass F
Untuk memainkan kunci gitar bass F, kamu tinggal menekan senar nomor 4 yang berada di fret 1. Contohnya seperti berikut ini





Itulah langkah-langkah cara belajar kunci gitar bass untuk pemula beserta gambarnya. Kamu bisa mempraktekannya sendiri dirumah, walau pun tidak ada orang yang mengajarkan kamu, tapi tutorial ini cukup memberi kamu pemahaman tentang belajar kunci gitar bass tersebut.
LihatTutupKomentar