Cara Membaca File PDF Menggunakan Termux

Cara Membaca File PDF Menggunakan Termux

Termux memang memiliki sangat banyak kegunaan yang bisa kita lakukan seperti membuat file, membuat folder dan lain-lain.

Namun kali ini kita akan belajar cara membaca file PDF menggunakan termux. Tentu cara yang akan saya berikan sangat mudah, kamu hanya perlu memperhatikan dengan teliti.

Sering kali kita menjumpai file PDF di internet. File PDF adalah sebuah dokumen yang sangat mudah di buka atau di baca di berbagai macam perangkat. PDF termasuk electronic book yang bisa kamu dapatkan di internet.

Di dalam file PDF terdapat berbagai macam teks, tulisan atau gambar yang membahas topik-topik tertentu. Salah satu contoh isi topik file PDF adalah tentang tutorial.

Nah sebelum kamu membuka atau membaca file pdf menggunakan termux, kamu harus menginstall sebuah tool. Nama toolnya adalah pdftotext.

Pdftotext merupakan sebuah tool untuk merubah file pdf menjadi teks. Setelah file pdf diubah menjadi teks maka teks tersebut bisa kita baca menggunakan termux atau pun text editor.

Oke kita langsung mulai cara membaca file pdf menggunakan termux di android. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Install Poppler
Poppler adalah tool yang akan kita gunakan untuk membaca file pdf di termux. Jadi kamu harus menginstall Poppler dengan cara mengetikan

pkg install poppler

2. Ubah PDF Menjadi Teks
Jika poppler sudah terinstall, selanjutnya kamu harus ubah file PDF menjadi teks. Ketikan perintah berikut

pdftotext nama-file.pdf

Untuk nama-file.pdf kamu bisa sesuaikan dengan nama file pdf yang ingin kamu ubah menjadi teks.

3. Baca File PDF Di Termux
Jika kamu sudah merubah file PDF menjadi teks maka kamu akan mendapatkan file berformat txt yang namanya mirip seperti file PDF yang sudah diubah. Untuk membuka atau membacanya ketikan perintah berikut

less namafile.txt
Atau
cat namafile.txt

Maka teks dalam file tersebut akan tampil dalam termux. Disini kamu sudah berhasil membuka atau membaca file PDF menggunakan termux.

Nah, itulah cara membaca file PDF menggunakan termux di android. Jika ada yang kurang jelas silahkan berikan komentar.


LihatTutupKomentar