Tips Blogging Cara Mengatur File Robot TXT Blogger


File robot.txt pada blog berguna untuk mengatur data penelusuran blog seperti pengindeksan, pemblokiran, bahkan sampai seo.

Pada saat kamu membuat blog baru di blogger, blog kamu pasti tidak memiliki file robot.txt. File robot.txt harus kamu buat sendiri secara manual. Tapi kamu juga harus berhati-hati dalam membuat dan menulis perintah ke dalam file robot.txt.

Kesalahan ketika mengatur file robot.txt akan berdampak buruk. Walau pun hanya salah sedikit saja, bisa-bisa blog kamu akan diabaikan di mesin pencari.

Tapi tenang saja, dalam postingan kali ini kita akan belajar cara mengatur dan membuat file robot.txt pada blogger. Tentunya agar blog kamu menjadi seo atau mudah ditemukan di mesin pencari.

Kamu pasti mau kan memiliki blog yang seo? Nah, dengan file robot.txt ini yang akan membantu blog kita menjadi sedikit lebih seo.

Untuk cara setting file robot.txt di blogger, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Masuk ke blogger dan pilih setelan

2. Pilih menu preferensi penelusuran

3. Dalam perayap dan pengindeksan kamu bisa mengaktifkan robot.txt khusus, ubah menjadi ya.

4. Kemudian tulis kode berikut dalam kotak robot.txt


  • User-agent: *
  • Allow: /
  • Sitemap: https://nama-blog-kamu.com/sitemap.xml


Kamu bisa ganti domain yang diberi garis bawah dengan domain blog kamu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan setelah menulis perintah seperti diatas.


5. Dalam tag tajuk robot khusus juga harus kamu aktifkan dengan pilih ya.

6. Kemudian kamu bisa mengaturnya seperti pada gambar berikut ini.


Ok, sekarang file robot.txt sudah berhasil dibuat dan di setting pada blog kamu.

Perlu diketahui, jangan kamu ubah pengaturan robot.txt di blogger tanpa tutorial atau tanpa sepengetahuan karena bisa berdampak buruk untuk blog.

Itulah cara setting file robot.txt di blogger agar seo friendly. Kamu bisa mencobanya untuk blog kamu agar seo.

Tapi sekali lagi saya sarankan agar tidak mengubah-ubah file robot.txt, kalau kamu mengubahnya tanpa memahami kegunaannya maka blog kamu bisa diabaikan di mesin pencari.

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan kata atau kalimat, sekian tutorial dari saya. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.
LihatTutupKomentar