Cara Edit Suara Rekaman Android

Cara Edit Suara Rekaman Android

Terkadang saat kita merekam suara akan terdengar suara bising seperti suara angin. Tentu hal itu akan sangat mengganggu dan hasil rekaman kita menjadi tidak baik.

Rekaman suara yang terdengar berisik akan membuat pendengar malas untuk mendengarkan karena suara yang kurang jelas dikarenakan bercampur dengan suara yang berisik.

Banyak orang menginginkan hasil rekaman suara agar suara musik atau nyanyian mereka sendiri terdengar seperti di studio.

Tentu saja hal itu bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan hp android dan aplikasi tambahan dan hasil rekaman pun tidak kalah dengan hasil rekaman di studio musik.

Maka dari itu dalam postingan saya kali ini kita akan mencoba belajar menghilangkan suara-suara bising atau suara yang berisik pada hasil rekaman di android sehingga nantinya hasil rekaman kamu akan terdengar seperti hasil rekaman di studio.

Cara Edit Suara Rekaman Di Hp Android

Untuk cara edit suara rekaman dengan menggunakan aplikasi wave editor di android, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Tentu kamu harus memiliki installasi aplikasi tambahan untuk membuat hasil suara rekaman terdengar seperti di studio. Aplikasi yang kamu butuhkan bernama Wave Editor.

Kamu bisa mencarinya di google playstore.

2. Kalau kamu sudah memiliki installasi aplikasi wave editor di hp android kamu maka sekarang kamu buka aplikasi wave editor.

Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk merekam suara dan bahkan mengeditnya sesudah merekam.

3. Untuk merekam suara kamu bisa tekan tombol Record yang berada di tengah-tengah.

4. Kemudian kalau kamu sudah memiliki rekaman suara kamu sendiri maka kamu cari file rekaman kamu dengan tekan tombol browse di pojok kiri bawah.

5. Selanjutnya tekan menu effects yang berada di pojok kanan atas. Banyak sekali efek-efek yang bisa kamu tambahkan untuk rekaman suara kamu.

6. Untuk menghilangkan noise maka kamu pilih Noise Gate dan silahkan kamu ubah sendiri agar noise tidak terdengar lagi.

Noise gate adalah untuk menghilangkan suara bising atau berisik.

7. Kalau kamu sudah menghilangkan noise maka selanjutnya kamu masuk ke tab effects lagi dan pilih Reverb. Reverb inilah yang akan membuat suara rekaman kamu menjadi seperti suara rekaman di studio.

Kamu bisa mengubahnya sendiri agar bisa sampai terdengar seperti di studio musik.

8. Kemudian kalau suara rekaman kamu terdengar kecil maka kamu masuk lagi ke tab effects kemudian pilih Gain dan perbesar suara kamu.

Saya sarankan jangan sampai penuh karena nantinya akan membuat suara rekaman kamu rusak.

9. Kalau kamu sudah melakukan semua langkah diatas kemudian kamu simpan.

Sekarang coba dengarkan suara rekaman yang sudah kamu edit menggunakan aplikasi wave editor di android. Suara akan terdengar lebih bagus dari pada belum di edit.

Kalau ada yang kurang maka kamu bisa memperbaikinya lagi.

Itulah cara edit suara rekaman android dengan menggunakan aplikasi wave editor.

Caranya sangat mudah sekali, kamu bisa mempelajarinya agar suara noise pada rekaman suara kamu benar-benar tidak terdengar sedikit pun.
LihatTutupKomentar