Mengenal Apa Itu VPN, Pengertian VPN, Fungsi VPN Dan Kegunaan VPN

Mengenal Apa Itu VPN, Pengertian VPN, Fungsi VPN Dan Kegunaan VPN

Berjumpa kembali bersama saya, dalam postingan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang vpn, pengertian vpn, dan fungsi vpn atau kegunaan vpn.

Bagi kamu yang baru atau belum mengenal vpn, kita akan bahas lebih dalam lagi di postingan ini, maka dari itu ikuti terus tulisan dibawah ini tentang pengertian vpn.

Banyak orang-orang bertanya mengenai apa itu VPN? Untuk apa VPN dan bagaimana cara kerjanya? Pertanyaan itu sempat terdengar banyak sekali ditelinga saya.

Bahkan ada juga orang yang mengatakan bahwa VPN itu adalah aplikasi yang sangat berbahaya karena bisa mencuri informasi pribadi kamu lewat smartphone kamu.

VPN itu sebuah nama yang disingkat dan berasal dari Virtual Private Network yang artinya Jaringan Pribadi Virtual.

Apa Itu VPN Dan Kegunaan VPN?
VPN adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka situs-situs yang diblokir. Misalnya saat kita mengunjungi sebuah website dan website tersebut dibatasi atau tidak memperbolehkan sembarang orang untuk melihat isi kontennya.

Maka disitu kita harus menggunakan VPN agar kita bisa dengan mudah membaca isi konten dalam website yang diblokir.

Apa Fungsi VPN?
VPN juga bisa digunakan untuk berpindah lokasi saat ini. Tiap lokasi pada perangkat yang kamu gunakan itu menggunakan alamat IP atau Internet Provider.

VPN bisa memanipulasi alamat ip asli perangkat kamu dengan cara merubah atau mengalihkannya.

Misalnya sekarang kamu sedang berada di indonesia tapi dengan VPN kamu bisa merubah lokasi kamu dari indonesia menjadi amerika atau negara lainnya.

Terkadang saat aplikasi sosial media sedang error kamu juga bisa menggunakan VPN agar kamu bisa menggunakan sosial media kembali.

Kalau kamu menggunakan aplikasi VPN ingatlah sinyal internet kamu harus cepat karena kalau kamu menggunakan VPN dengan internet yang lelet maka kamu akan merasa lama saat internetan.

Namun banyak juga gosip-gosip dari seseorang bahwa ketika mereka menggunakan aplikasi VPN informasi pribadi mereka tersebar lewat VPN.

Bahkan ada juga seseorang yang telah kehilangan sejumlah uang direkeningnya akibat menggunakan VPN.

Bagi saya hal itu menjadi hal yang bisa saja benar-benar terjadi karena terkadang bagi seseorang yang baru mengenal VPN tidak tahu mana VPN yang baik dan mana yang tidak.

Jadi kalau kamu ingin menggunakan VPN lebih baik gunakan vpn yang berbayar saja karena lebih aman dari yang gratis.

Apa lagi kalau VPN yang kamu miliki didapatkan dari situs-situs yang tidak terkenal maka itu rentan terjadinya penyusupan pada aplikasi VPN tersebut.

Menggunakan aplikasi VPN pada saat internetan itu bisa menjamin keamanan perangkat karena pada saat kita menggunakan VPN maka kita menggunakan jaringan pribadi.

Keuntungan Menggunakan VPN
- Bebas berinternetan karena menggunakan jaringan pribadi
- Membuka situs yang diblokir
- Lokasi perangkat tidak mudah dideteksi

Kerugian Tidak Menggunakan VPN
- Internet dibatasi
- Tidak bisa membuka situs yang diblokir
- Lokasi perangkat mudah dideteksi

Keuntungan Menggunakan VPN Resmi Atau Berbayar
- Keamanan terjamin
- Tidak akan menyebarkan informasi pribadi
- Tidak ada penyusup
- Koneksi internet menjadi lebih cepat

Kerugian Menggunakan VPN Gratisan
- Tidak menjamin keamanan
- Terkadang penyusup bisa menyebarkan informasi pribadi
- Koneksi internet lelet
- Terkadang lokasi perangkat tidak bisa diubah walaupun kamu sudah merubahnya

Nah, sekarang bagaimana apakah kamu sudah tahu apa itu vpn, pengertian vpn dan fungsi vpn? Tentu ini harus kamu ketahui apa lagi untuk seseorang yang gemar berinternetan.

Menggunakan VPN itu tidak masalah, yang penting seperti yang sudah saya tulis diatas bahwa carilah aplikasi VPN yang resmi dan berbayar.

Usahakan jangan menggunakan aplikasi VPN yang gratisan karena banyak aplikasi VPN gratisan yang berbahaya.
LihatTutupKomentar