Cara Ping Sitemap


Saat pertama kali kamu memasukan sitemap atau petas situs blog ke search console, kamu tidak akan bisa langsung melihat data halaman blog kamu, dikarenakan robot crawl google sedang memproses pengindeksan halaman blog dan proses pengindeksan halaman yang dilakukan oleh robot crawl google bisa memakan waktu sampai berhari-hari.

Robot crawl google itu berfungsi untuk merayapi setiap halaman blog kamu yang sudah di submit di search console. Kalau kamu tidak submit peta situs ke search console, halaman blog kamu tetap akan terindex tapi membutuhkan waktu yang sangat lama dan tidak disarankan untuk melakukan ini.

Walaupun halaman kamu masih bisa di baca melalui blog, tapi akan lebih sulit di cari di pencarian organik. Benar, karena search console lah yang membantu mengindex semua halaman pada blog kita. Disinilah kita perlu melakukan submit sitemap ke search console.

Lamanya proses ini membuat kita tidak sabar ingin melihat data-data blog kita dari search console. Namun bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini.

Kalau kamu merasa lama menunggu proses pengindeksan blog kamu di search console, maka kamu bisa mencoba melakukan ping ke peta situs kamu dengan menulis url berikut di browser

http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=http://namablogkamu.com/sitemap.xml

Ganti tulisan yang bergaris bawah dengan url blog kamu, setelah itu tekan enter. Kamu akan melihat sejumlah informasi mengenai peta situs blog kamu misalnya seperti pemberitahuan peta situs diterima seperti pada gambar dibawah ini.


Diatas adalah contoh ping terhadap peta situs blog saya dan itu merupakan contoh peta situs yang berhasil diterima.

Hal ini berguna sekali kalau kamu ingin melihat laporan mengenai peta situs blog yang sudah kamu kirimkan ke search console.

Itu dulu pembahasan yang bisa saya tulis dalam postingan ini. Search console sangat membantu dalam mengindex halaman blog atau website. Tanpa search console, halaman situs mau pun blog akan sulit terindex.

Tentu dengan memiliki blog kita ingin agar blog kita terindex kan? Maka dari itu kamu bisa melakukannya dengan mudah.
LihatTutupKomentar