Cara Mengatasi Masalah Kebergunaan Seluler Di Search Console

Cara Mengatasi Masalah Kebergunaan Seluler Di Search Console

Penyebab masalah kebergunaan seluler muncul di search console adalah karena ada beberapa kesalahan dalam postingan dan template. Tentu hal itu tidak bisa kita diamkan saja karena akan berpengaruh tidak baik pada blog.

Disini kita akan bersama-sama mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah kebergunaan seluler di search console.

Mungkin tidak banyak yang mendapatkan pesan kesalahan kebergunaan seluler, tapi tidak ada salahnya saya memberikan cara mengatasinya karena pastinya ada diantara kamu yang sedang mengalaminya.

Sesuai pengalaman, saya mendapatkan 4 masalah kebergunaan seluler di search console yaitu:

  1. Konten lebih lebar dari layar.
  2. Area pandang tidak disetel.
  3. Teks terlalu kecil untuk dibaca.
  4. Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan satu sama lain.


Berikut ini saya jelaskan 4 penyebab munculnya masalah kebergunaan seluler di search console.

Konten lebih lebar dari layar
Terkadang saat kita menulis teks yang panjang itu tidak terbungkus dengan berganti dibawahnya sesuai lebar layar. Namun teks itu akan terus memanjang ke kanan sehingga saat kita ingin membaca teks lengkap maka harus di geser kanan.

Hal itu bukanlah kesalahan pada cara penulisan kamu, tapi kesalahannya ada pada template blog kamu sendiri.

Cobalah cek template blog kamu apakah template yang kamu gunakan benar-benar responsive atau tidak. Tentunya untuk mengatasi masalah konten lebih lebar dari layar adalah dengan cara mengganti template yang responsive.

Area pandang tidak disetel
Sama seperti masalah pertama, munculnya masalah area pandang tidak disetel dikarenakan template kurang responsive. Maka dari itu carilah template blog yang responsive untuk menghilangkan masalah ini.

Teks terlaku kecil untuk dibaca
Masalah berikut ini terjadi karena ukuran teks terlalu kecil. Coba bayangkan jika ada orang yang sudah tua membaca konten dalam blog kamu, maka penglihatan mereka akan sedikit kurang jelas karena faktor umur.

Untuk menyelesaikan masalah ini kamu harus merubah ukuran teks. Ukuran teks yang bisa kamu gunakan adalah minimal 17px.

Elemen yang dapat di klik terlalu berdekatan satu sama lain
Masalah ini biasanya terjadi karena ada sebuah link yang jaraknya terlalu dekat dengan sebuah paragraf. Misalnya kamu menulis daftar link dalam paragraf pertama, kemudian dalam paragraf kedua kamu tulis teks biasa namun terlalu dekat dengan paragraf pertama yang mengandung link.

Singkatnya kamu harus memberi jarak pada tulisan. Kamu bisa mengedit html template kamu dan pastikan jarak teks tidak terlalu dekat.

Cara Mengatasi Masalah Kebergunaan Seluler Di Search Console
Dengan membaca dan mempelajari masalah yang muncul seperti diatas, saya anggap kamu telah memperbaiki masalah tersebut. Sekarang kita akan melakukan validasi di search console agar peringatan masalah tersebut hilang.

Dibawah ini adalah cara mengatasi masalah kebergunaan seluler di search console:

1. Masuk ke search console dan pilih property yang memiliki masalah tersebut.

2. Dalam halaman beranda klik Kebergunaan Seluler.

Cara Mengatasi Masalah Kebergunaan Seluler Di Search Console

3. Klik pada kotak kesalahan masalah.

Cara Mengatasi Masalah Kebergunaan Seluler Di Search Console

4. Pilih masalah yang akan diperbaiki.

5. Klik tombol validasi.

Sampai disini, search console akan melakukan validasi. Kamu harus menunggu beberapa waktu hingga masalah tersebut telah selesai diperbaiki.

Jika masalah tersebut telah selesai atau pun gagal diperbaiki, maka kamu akan mendapatkan email pemberitahuan mengenai perbaikan tersebut.

Demikian cara mengatasi masalah kebergunaan seluler di search console. Jika masalah tersebut gagal diperbaiki, kamu bisa bertanya melalui komentar.
LihatTutupKomentar