Cara Mengatasi Favicon Blog Tidak Muncul Di Pencarian Browser Google Chrome



Disini kita akan mencoba mempelajari cara mengatasi favicon blog yang tidak muncul di pencarian browser google chrome. Bagi yang mau tahu, yuk baca selengkapnya berikut ini.

Saat kita mencoba mengganti favicon baru pada blog, kita tidak bisa langsung melihatnya di pencarian google dikarenakan membutuhkan waktu beberapa saat agar favicon bisa muncul.

Hal itu menjadi hal yang wajar. Namun dalam beberapa masalah yang ditemukan, terkadang banyak orang yang mengalami favicon blog tidak muncul dalam waktu yang lama.

Walau pun sudah menunggu hingga satu minggu, satu bulan, bahkan sampai dua bulan pun favicon blog tidak muncul.

Lalu apa penyebabnya?

Penyebab Favicon Blog Tidak Muncul

Ada banyak faktor yang mempengaruhi favicon blog tidak muncul di pencarian browser google chrome. Dibawah ini mungkin bisa membantu memahami kenapa favicon blog tidak muncul.



1. Penyebab pertama yaitu lupa meletakan tag favicon dalam template blog. Tentu ini bisa menjadi faktor utama alasan favicon blog tidak muncul. Kita bisa memeriksa tag html apakah sudah sesuai dengan perintah penulisan favicon? Berikut contohnya

<link href="/favicon.ico" rel="icon" type="image/x-icon">


2. Penyebab selanjutnya yaitu tidak meletakan tag favicon di tengah <head> </head>. Contohnya adalah sebagai berikut

<head>
<link href="/favicon.ico" rel="icon" type="image/x-icon">
</head>


3. Kemudian jika ukuran favicon terlalu besar atau tidak sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan maka favicon tidak akan muncul.

4. Penyebab selanjutnya, google belum sepenuhnya merayapi semua halaman blog kita. Jika blog yang kita miliki adalah blog baru maka jelas perayapan akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada blog yang sudah lama.

Dari beberapa langkah diatas akan membantu kita mengetahui penyebab dari favicon blog tidak muncul.

Periksa Favicon Blog

Kita juga bisa memeriksa apakah favicon sudah baik atau belum. Berikut ini cara memeriksanya

1. Periksa favicon di google dengan cara menggunakan url berikut

http://www.google.com/s2/favicons?domain=google.com


Ubahlah url google.com yang kedua sesuai dengan url blog kita. Jika gambar favicon kita muncul berarti kita tinggal menunggu perayapan selesai. Tapi jika yang tampil adalah gambar favicon dari blogger maka gambar favicon yang telah kita pasang tidak cocok alias ada kesalahan.



2. Selain di google, kita juga bisa memeriksa favicon di yandex. Untuk cara memeriksa favicon di yandex bisa ikuti penulisannya berikut ini

http://favicon.yandex.net/favicon/yandex.ru


Ubahlah yandex.ru sesuai dengan domain blog kita.

Mengatasi Favicon Tidak Muncul

Selanjutnya kita akan mulai ke cara mengatasi favicon blog tidak muncul di pencarian browser google chrome, berikut caranya.

1. Hapus cache dan data browser. Dengan cara ini akan membuat browser kita menjadi fresh kembali sehingga bisa menampilkan data-data yang baru.

2. Kita bisa meminta index ulang untuk halaman utama blog (bukan halaman artikel). Favicon juga perlu di index agar bisa tampil sempurna di pencarian. Jadi kita lakukan index url blog ke search console setiap hari satu kali.

3. Kita juga bisa meletakan kode berikut ini ke dalam html template sebelum tag </head>

<link href="/favicon-16x16.png" rel="icon" sizes="16x16" type="image/png">
<link href="/favicon-32x32.png" rel="icon" sizes="32x32" type="image/png">
<link href="/favicon-62x62.png" rel="icon" sizes="62x62" type="image/png">


Ambil salah satu kode diatas, kemudian aturlah tipe favicon dan ukurannya sesuai dengan favicon yang kita miliki. Namun untuk mengetahui link favicon, kita harus upload favicon dengan membuat halaman baru pada blog atau bisa baca DISINI.



4. Terakhir, perbanyak juga traffic blog. Buatlah sebuah artikel yang mampu menarik banyak traffic. Jika artikel yang telah dibuat tidak mampu menarik banyak traffic, maka kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mendatangkan traffic.

Demikianlah cara mengatasi favicon blog tidak muncul di pencarian browser google chrome. Munculnya favicon blog dalam mesin pencari akan membantu pengenalan merk blog kita. Tentunya orang jadi tahu apa merk dari blog yang kita miliki.
LihatTutupKomentar