Cara Membatasi dan Mengurangi Penggunaan Data Seluler Android

cara membatasi dan mengurangi penggunaan data seluler android

Saat kamu mengaktifkan data internet pada hp android yang kamu miliki tentu semua aplikasi online yang ada pada hp android kamu akan aktif dan tentunya itu akan membuat data internet kamu boros.

Bahkan hp android kamu pun akan cepat terasa lemot karena semua aplikasi online berjalan di latar belakang walau pun kita tidak membukanya.

Ketika data internet pada hp android kamu diaktifkan maka data internet itu akan menyebar sehingga banyak aplikasi menyerap data internet tersebut.

Ada pun cara untuk mengurangi penggunaan data seluler dengan menghentikan aplikasi tersebut.

Namun terkadang banyak aplikasi yang tidak bisa dihentikan ketika data internet kita hidup dan walau pun sudah kamu hentikan.

Kalau data internet terus dihidupkan pada hp android kamu maka banyak aplikasi aktif yang memakan cache. Jelas bahwa data cache itu bisa menjadi berat kalau ukurannya ratusan bahkan satu mb.

Maka dari itu mengurangi penggunaan data seluler pada hp android sangatlah penting karena agar hp kamu tidak lemot atau bahkan baterai bisa cepat habis.

Membatasi Penggunaan Data Seluler Lewat Pengaturan Hp

Kamu bisa memulai membatasi penggunaan data seluler android dengan melalui pengaturan hp android kamu, caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke pengaturan hp android kamu dan pilih menu aplikasi.

2. Kemudian pilih aplikasi yang akan dibatasi penggunaan data internetnya dengan cara klik aplikasi yang dipilih.

3. Setelah itu klik tulisan Batasi Penggunaan Data dan kamu bisa membatasi penggunaan data internet dan juga wifi.

Jadi bukan hanya data internet pada hp saja yang bisa dibatasi, namun data internet wifi juga bisa dibatasi.

Membatasi Penggunaan Data Seluler Menggunakan Aplikasi

Ada sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membatasi penggunaan data seluler pada hp kamu.

Penasaran apa aplikasinya dan bagaimana caranya? Simak caranya berikut ini.

1. Kamu cari aplikasi android bernama NoRoot Firewall. Aplikasi ini yang akan kita gunakan untuk membatasi penggunaan data internet di hp android. Install aplikasi NoRoot Firewall di hp android kamu.

2. Kalau kamu sudah memilikinya maka selanjutnya kamu buka aplikasi tersebut. Di tab awal akan muncul tombol start dan stop.

cara membatasi dan mengurangi penggunaan data seluler android

3. Sebelum kita menekan tombol start atau stop maka kita masuk ke tab aplikasi dan beri tanda silang pada aplikasi yang ingin dibatasi penggunaan data internetnya. Dengan aplikasi ini juga bisa membatasi data internet wifi.

cara membatasi dan mengurangi penggunaan data seluler android

Tanda centang berarti kamu mengizinkan aplikasi untuk dijalankan dengan data internet dan tanda silang berarti kamu membatasi data internet pada aplikasi tersebut.

4. Kalau kamu sudah memberi tanda centang mau pun silang, maka kamu masuk ke tab awal dan tekan tombol start. Untuk menghentikannya kamu harus tekan tombol stop.

Itulah cara membatasi dan mengurangi penggunaan data seluler android.

Membatasi penggunaan data internet itu sangat penting sekali dan kuota internet pun jadi lebih sedikit yang terpakai.

Dengan cara membatasi penggunaan data internet lewat pengaturan mungkin kamu bisa memahaminya dengan mudah.

Namun bagi cara membatasi penggunaan data internet menggunakan aplikasi mungkin akan sedikit membingungkan bagi kamu yang belum terbiasa menggunakannya.
LihatTutupKomentar