Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Ini Secara Online Lewat Hp Android

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Ini Secara Online Lewat Hp Android

Dalam jaman teknologi modern seperti sekarang ini hampir semua urusan bisa dilakukan secara online. Seperti halnya Cek Tagihan Listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara). 

Mengecek tagihan listrik PLN pun bisa kita lakukan secara online tanpa menunggu petugas listrik datang ke rumah untuk melihat meteran. Dengan memanfaatkan internet akan membuat kita jadi lebih cepat dalam melakukan segala aktifitas. 

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk cek tagihan listrik PLN, diantaranya yaitu dengan cara sms, telepon atau melalui aplikasi khusus. 

Nah, disini kita akan membahas cara cek tagihan listrik PLN bulan ini secara online lewat hp android dengan cepat mudah dan sederhana. Tujuannya untuk memudahkan kamu mengetahui tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulan.

Perbedaan Listrik Prabayar Dan Pascabayar

Tunggu dulu, sebelum kita mulai ke cara cek tagihan listrik bulan ini, ada baiknya kalau kita memahami terlebih dahulu perbedaan anatara listrik prabayar dan listrik pascabayar.

Listrik Prabayar

Saat ini listrik prabayar banyak sekali digunakan oleh rumah-rumah baru. Dalam perumahan juga terdapat banyak sekali orang yang menggunakan listrik prabayar.

Dalam penggunaan listrik prabayar pelanggan bisa mengatur pemakaian listrik sendiri sesuai budget mereka. 

Listrik Prabayar ini sistem pembayarannya sama persis dengan pembelian pulsa telepon. Jadi misalnya kalau kamu ingin menggunakan listrik prabayar maka kamu harus mengisi pulsa listrik terlebih dahulu.

Kalau pulsa listrik habis, ya kamu bisa lakukan isi ulang seperti pulsa telepon. 

Nah, jadi Listrik Prabayar itu adalah listrik yang menggunakan pulsa. Tahu kan listrik yang menggunakan pulsa? Pasti kamu tahulah karena sekarang sudah banyak orang yang memakainnya.

Listrik Pascabayar

Kalau Listrik Prabayar menggunakan pulsa, tapi untuk Listrik Pascabayar ini tagihannya perbulan. Pembayaran juga dilakukan setelah kamu menggunakan listrik pascabayar. 

Kamu lihat kan meteran listrik yang biasa digunakan pada umunya. Ya, itu adalah Listrik Pascabayar. 

Berbeda dengan Listrik Prabayar yang harus selalu siap pulsa. Listrik Pascabayar ini lebih enak tidak perlu memikirkan pulsa. Jadi kamu hanya akan memikirkan tagihan listrik bulanan saja.

Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Ini

Nah, itulah penjelasan tentang Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar. Sekarang kita akan mulai belajar Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Ini.

1. Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Telepon
Untuk cek tagihan listrik pln lewat telepon bisa kamu lakukan dengan menghubungi PLN dengan nomor 123.

Tapi kalau kamu meneleponnya menggunakan hp maka kamu bisa menggunakan format kode area. Misalnya kalau kamu berada di jakarta maka kamu bisa menggunakan seperti berikut 

  • 021-123


2. Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Situs Website
Kamu bisa mengecek tagihan listrik PLN lewat website. Disini cara ceknya tidak menggunakan website PLN, tapi hasilnya tetap sama kok.

Buka situs www.cekbil.com/cek-tagihan-listrik-online

Kamu harus mengisi ID pelanggan PLN. Kemudian masukanlah 6 digit captcha, setelah itu klik Cek Tagihan. Kemudian nominal tagihan listrik kamu akan tampil.

3. Cek Tagihan Listrik PLN Lewat SMS
Kamu juga bisa mengecek tagihan listrik lewat sms, berikut caranya

  • REK NO ID Pelanggan
  • Kirim ke 8123


Operator seluler yang bisa kamu gunakan adalah Telkomsel, Indosat dan XL.

4. Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Aplikasi Android
Lewat aplikasi kamu juga bisa mengek tagihan listrik, berikut caranya

Cari dan install aplikasi bernama PLN Mobile. Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut di google playstore.

Kemudian buka aplikasinya dan daftarkan akun kamu ke aplikasi itu. 

Setelah berhasil mendaftar, selanjutnya silahkan login. Tapi kamu juga bisa mengecek tanpa melakukan login lho. 

Selain mengecek tagihan, aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk melihat transaksi token, melihat pemakaian listrik, melihat lokasi pembayaran yang paling dekat dan status pengaduan.

Dalam aplikasi PLN Mobile kamu bisa mengoperasikannya sendiri untuk cek tagihan listrik PLN.

Itu dia Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Ini Secara Online Lewat Hp Android Dengan Mudah, Cepat dan Sederhana.

Sekarang kamu tidak perlu menunggu petugas PLN atau mengunjungi kantor PLN, karena untuk cek tagihan listrik bulanan bisa kita lakukan dengan cara online.
LihatTutupKomentar