18 Cara Terbaru Daftar Google Adsense Blog Agar Cepat Diterima

18 Cara Terbaru Daftar Google Adsense Blog Agar Cepat Diterima

Ingin cara cepat mendaftarkan blog kamu agar diterima oleh google adsense? Ya, postingan ini tentunya akan membahas mengenai 18 cara terbaru daftar google adsense agar cepat diterima.

Buat yang masih sering ditolak, ayo kita kumpul dan merapat dikomentar.

Sering kali seseorang menanyakan kenapa blognya ditolak oleh google adsense? Banyak pertanyaan seperti itu yang ditanyakan di group-group facebook blogger indonesia maupun forum blogger lainnya.

Tentu saja banyak orang bertanya mengenai itu karena google adsense juga tidak mengirimkan secara detail alasan situs ditolak sehingga orang yang menerima email penolakan tersebut merasa bingung.

Namun bagi orang yang teliti dengan apa yang sudah dia lakukan pasti akan memeriksa kembali situs atau blognya sebelum mendaftarkannya ke google adsense.

Sebenarnya alasan penolakan yang sudah dikirim google adsense lewat email adalah alasan yang jelas dan mudah ditemukan.

Lalu kenapa setelah diperbaiki dan daftar ulang masih mendapatkan email penolakan adsense?

Jadi begini, kadang ada juga orang yang hanya fokus pada artikel atau postingan blog saja.

Mereka berpikir kalau alasan situsnya tertolak karena artikelnya saja, namun juga terkait dengan masalah pada bagian lainnya yang belum diketahui.

Dengan hanya fokus memperbaiki artikel, biasanya itu sering terjadi pada blogger-blogger pemula.

Namun apakah saya sudah profesional dalam blogger dan adsense?

Jawabannya adalah tidak, yang saya tulis semua ini berdasarkan hasil yang sudah saya pelajari selama 1 tahun.

Dari mulai membuat blog, menulis artikel bahkan sampai mendapatkan akun google adsense.

Blog saya pernah ditolak sampai 21 kali oleh google adsense. Tapi saya pantang menyerah, hingga akhirnya bisa diterima oleh google adsense.

Lebih tepatnya tidak ada yang instant untuk bisa mencapai sesuatu yang kita inginkan.

Namun jangan khawatir, karena saya berbaik hati maka sekarang saya ingin membagikan ilmunya pada kalian semua.

Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Cepat Diterima

Oke tidak perlu berlama-lama kita langsung mulai ke tutorialnya saja. Dibawah ini adalah 18 cara terbaru daftar google adsense blog agar cepat diterima.


  • Niche Blog
  • Umur Blog
  • Isi Konten
  • Bahasa
  • Jumlah Artikel
  • Jumlah Kata
  • Gambar Dalam Artikel
  • Foto Profile Blog
  • Link Error
  • Link Sosial Media
  • Navigasi Halaman
  • Navigasi Label
  • Sub Menu
  • Widget
  • Template
  • Domain TLD
  • Submit Sitemap
  • Robot.txt


1. Niche Atau Topik Blog
Ketika kamu akan mendaftarkan blog kamu ke google adsense, kamu harus fokus pada satu niche blog kamu.

Misalnya kamu memiliki niche tutorial maka kamu buat semua artikel tentang tutorial yang akan diposting di blog kamu.

Dengan begitu google adsense dengan mudah akan menyetujui dan memberikan iklan yang pas sesuai dengan niche blog kamu.

2. Umur Blog
Ada banyak orang yang mendaftarkan blognya ke google adsense dengan umur blog yang baru dalam hitungan hari. Sebagian dari mereka diterima dan sebagian ada yang ditolak.

Saya juga tidak tahu apa sebabnya kenapa blog baru yang berumur dalam hitungan hari bisa diterima. Tapi disini saya menyarankan untuk mendaftarkan blog ke google adsense lebih baik bersabar.

Tunggu blog kamu memiliki umur yang cukup sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Sambil menunggu blog memiliki umur yang cukup, kamu bisa posting artikel.

3. Isi Konten
Selanjutnya yang harus kamu perbaiki adalah isi konten, masalah ini paling banyak terjadi pada seseorang yang mendapatkan email penolakan dari adsense.

Wajar saja bagi pemula dalam membuat konten blog memang tidak tahu bagaimana cara untuk membuat artikel yang baik.

Namun membuat artikel yang baik itu adalah artikel yang berkualitas.

Apa itu artikel yang berkualitas? Bagaimana caranya membuat artikel berkualitas? Bagaimana cara mengetahui artikel kita berkualitas?

Sering kali hal tersebut ditanyakan orang-orang. Jujur saja saya juga bingung ketika pertama kali harus membuat artikel yang berkualitas, sedangkan saya tidak tahu seperti apa artikel yang berkualitas.

Artikel yang berkualitas adalah artikel hasil tulisan kamu sendiri dan tidak menyalin tulisan orang lain sedikit pun.

Walau banyak blog yang membahas topik yang sama, namun setiap blog menggunakan cara penulisannya sendiri sehingga artikel yang dimiliki menjadi artikel yang berkualitas.

Nah, sekarang coba kamu buat artikel dengan tulisan kamu sendiri dan hindari kata-kata yang negatif. Seperti yang kita ketahui bahwa kata-kata negatif itu tidak baik.

Jadi buatlah artikel dengan tulisan dan kata-kata yang sopan, terdiri dari pembuka (masalah) - isi (jawaban) - penutup (bermanfaat).

4. Bahasa Tulisan
Bahasa tulisan yang kamu gunakan harus sopan, ramah dan mudah dipahami. Jangan menggunakan bahasa yang berlebihan.

Google adsense juga menetapkan kebijakan agar tidak menggunakan bahasa yang tidak baik.

Selain tidak sopan, artikel kamu juga bisa diabaikan di mesin pencari seperti google.

5. Jumlah Artikel Atau Postingan
Kamu akan mendapatkan email penolakan seperti konten tidak memadai kalau kamu tidak memiliki jumlah artikel atau postingan yang cukup di blog kamu.

Lebih baik jumlah artikel yang bisa kamu posting sebelum mendaftarkan blog kamu ke adsense adalah 20 postingan sampai 30 postingan.

Usahakan setiap artikel atau postingan harus memiliki jumlah minimal 300 kata.

Untuk jumlah kata pada blog bisa dilanjutkan membaca langkah berikutnya.

6. Jumlah Kata
Ini penting bagi seorang pemula yang baru terjun di dunia blogger. Jumlah kata yang baik dari setiap artikel yang akan kita posting adalah minimal 300 kata.

Banyak juga yang menyarankan membuat artikel minimal 300 kata.

Sesuai dengan pengalaman yang saya ketahui bahwa google adsense tidak menerima blog yang memiliki jumlah kata dibawah 300 dari setiap artikel yang diposting.

Seakan-akan blog kamu akan dianggap main-main dan spam karena memiliki jumlah kata yang sedikit.

Maka dari itu bisa atau tidaknya, kamu harus membuat artikel yang memiliki jumlah minimal 300 kata.

Akan menjadi lebih baik lagi kalau kamu memiliki jumlah kata lebih dari 300, 500 atau bahkan sampai 1000.

Tapi kalau kamu ingin membuat artikel yang jumlah katanya mencapai 500 atau 1000 usahakan tidak membahas hal diluar topik dan jangan bertele-tele.

Kalau langkah ke 5 dan ke 6 belum kamu lengkapi, maka kamu akan mendapatkan kembali email penolakan dari google adsense.

7. Gambar Dalam Artikel
Pemberian gambar pada artikel memang sangat penting agar pembaca bisa mengetahui yang dimaksud melalui gambar yang tersedia.

Apa lagi untuk blog yang memiliki niche atau topik tentang tutorial.

Niche blog tutorial sangat membutuhkan gambar, karena kalau blog tutorial hanya menampilkan tulisan saja tanpa gambar dalam artikel maka pembaca akan bingung dan bertanya-tanya

Apakah cara ini bisa? Apakah cara ini benar? Atau apakah cara ini berfungsi?

Kamu boleh menempatkan beberapa gambar dalam artikel kamu. Berikan 1 sampai 3 gambar saja, yang pertama tempatkan paling atas.

Kemudian untuk gambar kedua dan ketiga tempatkan pada bagian pembahasan atau jawaban tutorial.

Jangan sampai kebanyakan, usahakan jumlah kata dengan gambar bisa sebanding sehingga nanti saat kamu daftar blog ke adsense tidak mendapatkan email penolakan.

8. Foto Profile Blog
Memberi foto pada profile blog akan terlihat keren. Apa lagi kalau foto yang digunakan adalah foto diri kita sendiri. Dengan begitu orang-orang yang mengunjungi blog kita akan mengetahui wajah kita melalui foto profile blog.

Tapi tidak semua foto profile blog memberi hal baik. Misalnya, kalau kamu mengupload foto profile blog dengan menggunakan foto yang kamu hasilkan walau dari akun sosial media kamu sendiri seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain.

Secara tidak sadar, meta data pada foto yang kamu hasilkan dari akun sosial media kamu akan terekam sehingga pada akhirnya foto tersebut mengandung hak cipta.

Jadi untuk memberi foto profile blog gunakanlah foto yang masih tersimpan di memori kamu dan belum pernah kamu upload ke sosial media.

Hal itu berlaku bukan hanya untuk foto profile blog saja, tapi juga berlaku seperti pada langkah nomor 7 diatas.

Kalau kamu ingin menggunakan foto atau gambar yang keren, kamu bisa mencarinya di situs-situs penyedia gambar dan tentu bebas dari hak cipta.

9. Link Error
Link error atau biasa disebut brokenlink merupakan suatu masalah besar.

Selain pendaftaran blog ke google adsense tidak disetujui, blog kamu juga akan mengalami penurunan trafik karena adanya link yang error.

Hal ini memang sering didapatkan oleh blogger pemula, terkadang mereka tidak mengecek apakah ada link error atau tidak.

Maka dari itu kamu perlu memperbaiki link yang error, banyak situs-situs yang bisa kamu gunakan untuk mengecek brokenlink pada blog, bahkan kamu juga bisa langsung memperbaikinya.

Setelah selesai diperbaiki segera dicek kembali dan pastikan tidak ada satu pun link yang error.

10. Link Sosial Media
Setiap template blog rata-rata memiliki link sosial media seperti facebook, instagram, twitter ataupun whatsapp.

Kamu harus memasukan username akun sosial media kamu, ketika link sosial media tersebut diklik maka akan mengarahkan ke akun sosial media kamu.
,
Sebenarnya link ini tidak terlalu penting, link ini hanya untuk memperkenalkan pengunjung agar mengetahui akun sosial media dari pemilik blog yang dikunjungi.

Sebaiknya lepas terlebih dahulu link tersebut, tujuannya untuk mengurangi link agar pendaftaran blog kamu ke adsense berjalan lancar.

Setelah pendaftaran blog kamu sudah disetujui oleh google adsense, kamu boleh memasang kembali link sosial media tersebut.

11. Navigasi Halaman
Bagian ini yang banyak ditanyakan oleh blogger pemula, contohnya seperti pertanyaan bagaimana cara membuat halaman navigasi? Atau bagaimana cara membuat halaman about, contact, disclaimer, privacy, sitemap dan lain sebagainya?

Jika kamu mencarinya di google, pasti akan ketemu.

Banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk membuat halaman, kamu tinggal mencarinya saja di google.

Buatlah 6 halaman, diantaranya yaitu about, contact, diclaimer, privacy, sitemap dan tos.

Setelah selesai dibuat jangan lupa pasangkan ke navigasi blog kamu dengan cara edit html pada template.

Navigasi halaman tidak harus ditempatkan diatas, namun bisa juga kamu tempatkan dibawah, contohnya di bagian footer.

12. Navigasi Label
Walau sama namun berbeda, yang dimaksud navigasi label adalah menu navigasi yang terdiri dari link label yang kamu buat dipostingan.

Contohnya kalau kamu memiliki postingan yang memiliki label internet, maka kamu bisa menyalin link dari label internet kemudian kamu pasangkan ke menu navigasi.

Namun tidak harus semua label kamu pasangkan di menu navigasi. Pasanglah setidaknya 5 link label.

Kalau halaman navigasi kamu tempatkan dibagian atas, maka menu navigasi label kamu tempatkan setelah menu navigasi halaman.

Navigasi label juga bisa berguna meningkatkan page view blog.

13. Sub Menu
Apakah kamu tahu sub menu? Sub menu itu menu kedua setelah menu navigasi. Misalnya kalau kamu membuat menu navigasi label dan menu tersebut memiliki tombol dropdown yang akan menampilkan menu lainnya, maka itulah yang disebut sub menu.

Sub menu ini bisa membuat pelanggaran kebijakan adsense. Contohnya ketika kamu mendaftarkan blog ke adsense kemudian memasang kode iklan.

Ketika blog yang kamu daftarkan sudah dipasang kode iklan dan blog kamu memiliki sub menu yang menutupi iklan walau iklan tersebut blank (masih dalam peninjauan) tentu itu akan menjadi pelanggaran.

Sebaiknya untuk mendaftarkan blog kamu ke adsense jangan gunakan sub menu terlebih dahulu, karena alasan penolakan adsense ada yang menyebutkan bahwa konten atau iklan tertutup element lain.

14. Widget
Widget membuat blog terlihat unik dan menarik. Pengunjung juga merasa nyaman. Widget pada side bar ini salah satunya adalah postingan populer.

Kalau blog kamu belum menempatkannya maka buatlah postingan populer di side bar yang berguna memudahkan pengunjung mencari postingan yang sedang populer dalam blog kamu.

Saya sarankan buatlah widget postingan populer, arsip blog dan juga label, tempatkan pada side bar.

Lalu tambahkan profil kamu dibawah label.

Jadi kalau diurutkan dari bawah ke atas adalah profil kamu, label, arsip blog dan postingan populer.

15. Template
Terkadang banyak blogger pemula yang menggunakan template berat, mementingkan tampilan dari pada kecepatan loading.

Hal ini sangat dilarang, coba bayangkan saja kalau pengunjung mengunjungi blog kita dan loading blog kita lambat memakan waktu hingga 7 detik, maka otomatis mereka akan menutup blog kita dan pergi mencari yang lain.

Selain hilangnya pengunjung, kamu juga pasti akan mendapatkan kembali email penolakan adsense ketika mendaftarkan blog kamu.

Maka dari itu kamu harus gunakan template yang ringan dan jangan terlalu banyak menggunakan widget seperti yang sudah dijelaskan di nomor 14.

Disini saya menyarankan untuk menggunakan template viomagz dari mas sugeng.id dan untuk versinya kamu bisa menggunakan versi viomagz 2.7 atau 3.2.

Template viomagz ini memiliki kecepatan loading yang bagus.

Kamu bisa cek kecepatan loading blog kamu dengan menggunakan situs-situs yang tersedia.

Kalau blog kamu sudah diterima, maka kamu boleh menggunakan kembali template blog yang sebelumnya kamu gunakan.

16. Domain TLD
Sebenarnya ada sedikit masalah ketika blog dengan domain blogspot didaftarkan ke adsense.

Apa masalahnya? Masalahnya adalah pada saat menunggu email balasan.

Banyak hal tersebut yang dialami seseorang ketika mendaftarkan blognya dengan domain yang dihosting, contohnya proses pendaftaran lebih lama.

Memang benar, kebanyakan dari blogger yang mendaftarkan blog dengan domain blogspot prosesnya lebih lama.

Maka dari itu untuk mempercepat proses pendaftaran, kamu harus mengganti domain blogspot menjadi Top Level Domain (TLD).

Banyak situs yang menyediakan domain tld, mulai dari harga yang murah sampai normal.

Kalau blog kamu akan digunakan dalam jangka panjang, maka sebelum blog didaftarkan ke adsense lebih baik gunakan domain tld pada blog.

Selain terlihat profesional, blog yang menggunakan domain tld akan lebih cepat dalam proses pendaftaran adsense.

Saya mendaftarkan blog saya ke adsense dengan domain tld dan langsung mendapatkan email balasan yang menyatakan bahwa blog saya disetujui.

Jarak waktu dari mulai saya melakukan pendaftaran sampai disetujui adalah 10 jam, tidak ada satu hari kan?.

17. Submit Sitemap
Submit sitemap berguna agar artikel dalam blog kamu cepat terindeks. Kamu harus melakukannya, kalau tidak maka saat pendaftaran kamu akan mendapatkan email penolakan yang menyebutkan bahwa situs tidak sesuai mutu atau pedoman webmaster.

Pastikan artikel dalam blog kamu sudah terindeks, barulah kamu langsung melakukan pendaftaran blog kamu ke adsense.

18. Robot.txt
Untuk mendaftarkan blog kamu ke google adsense lebih baik jangan dulu mengaktifkan robot.txt blog. Walau kamu mengaktifkan robot.txt untuk memperbaiki masalah yang ada seperti peringatan di indeks meski di blokir oleh robot.txt.

Hal itu tidak baik untuk dilakukan karena google lebih menyukai blog yang tidak memiliki halaman yang di blok walau url itu adalah url pencarian seperti /search.

Kecuali kalau memang halaman tersebut sudah dihapus dari blog kamu maka kamu boleh memblok halaman yang sudah terindeks di google.

Jadi untuk file robot.txt lebih baik dikosongkan terlebih dahulu.

Nah, itulah 18 cara terbaru daftar google adsense blog agar cepat diterima. Cara yang sudah saya sebutkan diatas harus benar-benar kamu lakukan atau perbaiki.

Namun bagi cara yang tidak saya sebutkan, itu tidak terlalu penting.

Dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu kamu yang ditolak berkali-kali saat daftar google adsense.

Bagi kamu yang masih bingung dan masih memiliki banyak pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah postingan ini.

Pastinya dengan senang hati, saya akan membantu mengatasi masalah yang sedang kamu alami. Terima kasih.
LihatTutupKomentar